Menu

3 Kota yang Menjadi ‘Saksi Bisu’ Sejarah Peradaban Islam Dunia

1. Granada, Spanyol

Granada, Spanyol

Granada, Spanyol

Granada adalah kota yang terletak di sebelah selatan Madrid ini dahulunya pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan merupakan pusat perkembangan kebudayaan Islam pada masa kekuasaan Bani Ahmar masa itu. dalam sejarahnya pernah dibangun sebuah istana indah bernama Al Hambra yang hingga kini masih berdiri kokoh di Granada spanyol.

2. Istanbul, Turki

Istanbul, Turki

Istanbul, Turki

Istanbul dulu bernama Konstantinopel sebelum akhirnya diubah menjadi Istanbul oleh Kerajaan Ottoman di bawah pimpinan Sultan Muhammad yang II. Arti dari Istanbulsendiri ‘kota Islam’. Sejumlah bangunan menjadi saksi kejayaan Islam pada masa Ottoman di Turki masa itu. Misalnya Hagia Sophia, yaitu sebuah bangunan peninggalan zaman Bizantium yang awalnya merupakan gereja umat kristen, kemudian diubah menjadi masjid, dan kini menjadi museum yg berdiri kokoh.
3. Qom, Iran

Qom, Iran

Qom, Iran

Qom terletak sekitar 35 km dari ibukota Teheran Iran. Dahulu kota ini disebut kota suci karena terdapat makam putri kesayangan Nabi Muhammad SAW, yaitu Fatimah. Selain dari pada itu, Banyak juga ulama dan ilmuwan Islam yang tinggal ataupun dimakamkan di tempat ini. Pemimpin revolusi Iran, Imam Khoeini pun menuntut ilmu di kota ini.

Related For 3 Kota yang Menjadi ‘Saksi Bisu’ Sejarah Peradaban Islam Dunia

Page

    Page

      Page